SBY Optimistis Kerajinan Rajapolah Mampu Bersaing di MEA

EKBIS, LINIMASA29 views

image
Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya, Ani Yudhoyono menyempatkan diri singgah di sentra kerajinan tangan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (09/03/2016) siang. Foto: Imam Mudofar/KAPOL

RAJAPOLAH, (KAPOL).-
Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri singgah di sentra kerajinan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (09/03/2016) siang.

SBY beserta istri, Ani Yudhoyono dan rombongan tampak berkeliling ke beberapa toko yang menjual berbagai jenis kerajinan asal Tasikmalaya itu. Bahkan SBY dan Ani juga sempat membeli beberapa produk sebagai oleh-oleh.

Usai berbelanja, SBY menuturkan menjelang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), ia optimis jika kerajinan-kerajinan tangan seperti halnya yang ada di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya ini mampu bersaing dengan produk dari negara-negara Asean lainnya.

“Sebenarnya masing-masing negara memiliki produk unggulan masing-masing. Belum tentu negara lain memiliki kerajinan semacam ini. Jadi tidak perlu takut (menghadapi MEA, red),” ujar SBY.

Hanya saja perlu peningkatan dari segi produknya. Semisal kualitasnya ditingkatkan. Termasuk keindahan produknya. Selain itu, lanjut SBY, ketekunan dari para pengrajinnya juga harus terus ditingkatkan.

“Kemampuannya terus diasah. Saya punya keyakinan produk-produk kerajinan semacam ini masih disukai oleh berabagi kalangan,” kata SBY.

Kunjungan SBY ke Tasikmalaya ini dalam rangka Tour de Java. SBY beserta rombongan diagendakan akan menggelar acara temu kader Partai Demokrat di Hotel Santika Tasikmalaya, Rabu (09/03/2016) malam nanti. (Imam Mudofar)