Tarik Partisipasi Pemilih, Panitia TPS di Karangresik Gunakan Busana Daerah

POLITIKA63 views

JAMANIS, (KAPOL).-Beragam cara yang dilakukan Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) dalam merayu masyarakat agar mau berpartiaipasi dan memberikan hak suaranya dalam Pilkada serentak 2018.

Begitupun yang dilakukan para petugas KPPS dalam pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di wilayah Desa Karangresik, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, kepada warga para calon pemilih, Rabu (27/6/2018).

Di mana para petugas KPPS di desa tersebut menggunakan kebaya dan make up untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan demikian, diharapkan warga hak pilih di desa tersebut bisa semangat serta berpartisipasi dan menyalurkan hak pilihnya. Terbukti, dari semangat para warga di desa itu sudah sejak pagi mengantri untuk memberikan suara hak pilihnya.

“Dengan cara ini kami mengajak warga hak pilih untuk berpartisipasi dan menyalurkan hak suaranya dalam Pilkada Jawa Barat 2018,” kata Ketua PPS Desa Karangresik, Saleh Muslim, S.PDi

Menurutnya, penggunaan busana tersebut selain mempertahankan budaya daerah dan memeriahkan momentum pilkada serentak, juga sebagai alat untuk menarik partisipasi hak pilih. Bahkan, dalam momentum ini juga dilakukan penilaian busana terbaik kepada panitia di setiap TPS. Dimana terdapat sebanyak 8 TPS di Desa Karangresik.

Terkait hak pilih yang hadir berpartisipasi sebanyak 73 persen, atau 2.667 hak pilih yang hadir dari sebanyak 3.720 Daftar Pemilih Tetap. Sementara pasangan yang unggul yakni pasangan nomor uruut 3, Sudrajat dan Ahmad Syaikhu yang mengantongi 925 suara. Disusul pasangan nomor 1, Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum yang mengantongi 825 suara.

Adapun pasangan nomor 4, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi meraih 662 suara dan pasangan nomor 2, Hassanudin dan Anton Carlian harus puas dengan mengantongi 198 suara, ungkapnya.(Ema Rohima)***