Taspen Tasikmalaya Gulirkan CSR Bedah Rumah

EKBIS88 views
Kepala Cabang PT. Taspen Cabang Tasikmalaya Heri Sukmara (kanan) tengah menunjukkan gambar proses bedah rumah Ny. Nenda.

TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Komitmen perusahaan yang kian semangat melangsungkan kewajiban tanggungjawab sosialnya kepada masyarakat kiranya patut diapresiasi. Seperti saja, BUMN yang bergerak di sektor asuransi dan pengelola pensiun Aparatur Sipil Negara, yakni PT. Taspen Cabang Tasikmalaya, yang baru saja menyalurkan bantuan bedah rumah, Selasa (9/8/2016).

Kepala Cabang PT. Taspen Cabang Tasikmalaya Heri Sukmara menjelaskan program bina lingkungan pihaknya tersebut, digulirkan dari pusat untuk 100 unit rumah serentak di tanah air. Wilayah Kantor Cabang Tasikmalaya sendiri di tahun 2016 ini mendapatkan kuota sebanyak dua unit. Di semester pertama, bedah rumah dilakukan di Kp. Gunung Muncang Kel. Setiajaya Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya, tepatnya di rumah janda Ny. Nenda (86), yang hanya memakan waktu selama 3 minggu.

“Kinerja kami sejauh ini tentu tidak lepas dari dukungan masyarakat, pemerintah, dan tentu peserta itu sendiri, sebagai mitra kerja. Hal tersebut juga memotivasi kami terus berupaya untuk memberikan manfaat lebih agar keberadaan perusahaan ini bisa terus dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat,” tuturnya dijumpai di sela kegiatan peresmian yang dihadiri Kepala Disparbudpora H. Undang Hendiana, Camat Cibeureum, Lurah Setiajaya, Ketua PWRI Kota Tasikmalaya Rahmat Kurnia, dan tokoh masyarakat tersebut. Lewat bantuan renovasi ini, menurut Heri juga sebagai bentuk dedikasi terhadap peserta, pihaknya pun mengharapkan bisa menambah kenyamanan pensiun untuk menikmati masa tuanya tersebut. 

Selain bantuan bedah rumah, di tahun 2016 ini PT. Taspen juga telah melaksanakan program CSR lainnya di berbagai lintas bidang. Diantaranya, 100 pot bunga di kawasan HZ Mustofa dalam rangka penataaan ruang terbuka hijau, 9 unit alat kesehatan kepada Posbindu Kecamatan Kota Tasikmalaya dan bantuan kepada 3 Panti Asuhan dalam rangka HUT Taspen ke-53, serta 400 paket di Kecamatan Mangkubumi dalam rangka Pasar Murah Sembako. 

Pun, dalam acara BUMN Hadir Untuk Negeri beberapa waktu lalu yang digelar di Kab. Garut, pihaknya menyerahkan 2 sepeda motor pengangkut sampah dan 100 santunan anak yatim.

Ke depan, menurut Heri, tidak menutup kemungkinan juga bantuan CSR tersebut akan diberikan kepada wilayah lainnya. “Kami secara kontinyu berkoordinasi dengan stakeholder, agar bisa bersinergi dan akhirnya bantuan-bantuan ini bisa tepat sasaran,” tambahnya.

Kadisparbudpora Kota Tasikmalaya H. Undang Hendiana juga mengapresiasi langkah sosial tersebut, menurutnya pemerintah tidak bisa sendiri melakukan program pembangunan. Sehingga dengan kontribusi dari berbagai lapisan aspek, termasuk perusahaan, dinilai sangat membantu akselerasi pembangunan. “Ini wujud penerapan dari good corporate governance yang positif dari Taspen, karena dapat dirasakan baik oleh masyrakat secara langsung. Mudah-mudahan tidak hanya di Cibeureum, tapi juga di lokasi dan bidang lainnya,” harapnya, mewakili Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman yang berhalangan datang.

Saat ini, PT. Taspen Cabang Tasikmalaya sendiri masih menitikberatkan konsentrasinya pada peningkatan pelayanan di masyarakat. Selain dengan layanan inovatif yang proaktif, juga pihaknya terus mendekatkan diri dengan masyarakat, serta membina hubungan yang baik. 

“Kami juga tengah melakukan sinkronisasi keberadaan peserta pensiun, seperti yang usia 90 tahun ke atas, atau janda di usia 40 tahun ke bawah. Sesuai dengan komitmen perusahaan dalam menyalurkan dana yakni 5T, salah satunya tepat orang,” pungkas Heri. (Astri Puspitasari)***