Telkomsel Dorong Ekosistem Digital Postitif di Kota Santri

EKBIS22 views

Lewat Roadshow #InternetBaik

TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Semakin masifnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, idealnya melahirkan ekosistem digital yang positif pula. Guna mendorong ke arah sana, operator pelat merah Telkomsel pun tengah gencar menggelar sosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan internet secara bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif (BAIK) di berbagai wilayah di Indonesia.

General Manager Sales Regional Jawa Barat Telkomsel, Hasan Kurdi mengungkapkan kampanye #InternetBAIK ini sebuah gerakan sosial yang ditujukan dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan internet secara bijak. 

Menurutnya, karakter manusia sebagai pengguna layanan digital, khususnya internet ini salah satu fondasi terpenting guna mendorong penguatan ekosistem digital yang positif dan kontruktif. 

“Oleh karena itu, sebelum konsep smart cillage, smart city, atau smart country terbentuk, kami menyadari pentingnya mewujudkan konsep smart people sebagai langkah awal.” ujarnya dalam kegiatan yang digelar di Hotel Santika, (6/9/2016).

Kegiatan tersebut pun langsung dihadiri Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Achdiat Siswandi, Kepala Dikmen Moh. Dani. 

#InternetBAIK ini sendiri merupakan kampanye cyber wellness meliputi rangkaian aktivitas sosialisasi dan workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak dan remaja sebagai entry level pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping. 

Setidaknya kegiatan yang juga melibatkan ICT Watch, Yayasan Kita dan Buah Hati, serta Kakatu sebagai mitra yang berkompeten dan memiliki concern yang tinggi terhadap pemanfaatan internet secara BAIK, ini akan hadir di 12 kota. Diantaranya; Yogyakarta, Tenggarong, Nunukan, Tasikmalaya, Kupang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banyuwangi, Manokwari, Bantaeng, dan Bekasi. 

“Kami terus berupaya memperluas kampanye serta edukasi internet yang BAIK agar lebih terpadu dan terencana. Untuk itu, ke depannya kami juga akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan terkait, termasuk unsur pemerintah daerah setempat agar program pembangunan masyarakat di wilayah tersebut dapat berjalan beriringan,” tambah Hasan.

Konsep diskusi panel dan talkshow yang menarik dengan menghadirkan beberapa narasumber berkompeten terkait digital literacy, parenting issue, dan kebijakan publik mewarnai agenda di hari pertama seminar.

Sementara, Training for Trainer #internetBAIK yang diadakan pada hari kedua dan ketiga merupakan kelas dengan format yang memenuhi standar micro-teaching yang dikhususkan untuk membekali dan menyiapkan duta #internetBAIK untuk menjalankan proyek kolaborasi di masing-masing kota dengan memanfaatkan aplikasi mobile yang ada sebagai bagian dari rangkaian kampanye dan edukasi cyber wellness. Kelas ini diikuti oleh para relawan atau duta #internetBAIK dari segmen orangtua dan remaja, guru, komunitas sosial dan blogger, serta karyawan Telkomsel peserta Employee Volunteering Program.

Untuk hari terakhir kampanye #internetBAIK diadakan Kelas Edukasi yang merupakan kegiatan seru dan menyenangkan. Melalui format yang memenuhi standar micro-teaching. pendampingan yang diberikan kepada peserta lebih intensif dan efektif dengan metode pengajaran yang disesuaikan dengan usia.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan survey terbatas kepada para peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan gambaran kebutuhan konten sosialisasi agar lebih mengena sesuai dengan karakter penggunaan internet di tiap kota.

Berdasarkan hasil survey tersebut yang dilakukan di Tasikmalaya, ditemukenali bahwa sekitar 52% peserta berharap mengikuti kegiatan #internetBAIK ini untuk mendapatkan pembahasan mengenai pemanfaatan internet dalam membuat konten positif dan kreatif, sedangkan sisanya sekitar 48% berharap bisa mendapatkan pengetahuan untuk edukasi penggunaan internet kepada anak-anak dan remaja. (Astri Puspitasari)***