Telkomsel Respon Sigap Bencana Banjir Bandang Garut

EKBIS32 views
Seorang warga tengah memanfaatkan layanan telepon gratis dari Telkomsel.

TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Bencana alam yang tengah melanda Kab. Garut direspon sigap operator merah Telkomsel untuk menurunkan tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA), yang bertugas membantu penyediaan kebutuhan logistik serta evakuasi korban banjir bandang tersebut.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan Tim TERRA sudah dilengkapi dengan perangkat pendukung penanganan bencana seperti perahu karet, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, dan genset. “Saat ini sejumlah bantuan kebutuhan logistik tahap awal seperti, pangan (makanan dan minuman) dan sandang (pakaian anak dan dewasa) serta kebutuhan sanitasi seperti popok bayi sudah didistribusikan melalui Pusat Posko Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/9/2016).

Pihaknya mengungkapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga atas musibah bencana alam yang menimpa sebagian wilayah Garut dan Sumedang.

Terutama di Kab. Garut yang saat ini terkena dampak terluas, Telkomsel pun memastikan kelancaran komunikasi pelanggan di titik lokasi terjadinya bencana tetap terjaga. 

“Sempat terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi sesaat terjadinya bencana, namun saat ini kami memastikan layanan Telkomsel tetap beroperasi dengan normal dan menjamin kelancaran komunikasi pelanggan yang berada di sekitar lokasi bencana,” kata Venusiana.

Manager Branch Tasikmalaya Telkomsel Muhammad Isrofil menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Arm Setyo Hani.

Guna membantu meringankan beban warga di sekitar lokasi bencana, khususnya di Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Telkomsel juga telah menyediakan layanan telepon gratis di Posko Siaga Bencana Alam Telkomsel, tepatnya di Rumah Sakit Umum Garut.

Venusiana menambahkan pihaknya pun terus bersiaga untuk memastikan berfungsinya alat-alat produksi sehingga ketersediaan dan kualitas jaringan tetap terjaga. “Hal ini dilakukan agar warga yang berada di sekitar lokasi bencana, baik di Garut maupun Sumedang dapat terus berkomunikasi dan bertukar informasi kepada keluarga dan kerabatnya. Selain juga akan membantu aparat dalam berkoordinasi, sehingga pertukaran informasi menjadi lancar,” kata dia.

Selain memastikan kesiapan alat produksi, dari sisi ketersediaan produk dan pelayanan pelanggan, Telkomsel menjamin kebutuhan umum pelanggan seperti isi ulang pulsa dan kartu prabayar Telkomsel tetap tersedia di semua titik penjualan ritel. Pun layanan pelanggan GraPARI Telkomsel terdekat tetap beroperasi seperti biasa untuk melayani kebutuhan pelanggan. (Astri Puspitasari)***