TMMD ke 100 Dibuka Bupati Eka

PERISTIWA11 views

SUMEDANG, (KAPOL).- Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan memantapkan kemanungggalan TNI dan rakyat seperti dalam pelaksanaan pembangunan.

TMMD sebagai bukti keterpaduan,  semangat, kebersamaan dan rasa tanggungjawab dan rasa memiliki antara TNI dan unsur pemerintahan dan masyarakat. 

“Suasana kemanunggalan ini,  menjadi keterpaduan semangat, saling pengertian, kebersamaan dan tanggungjawab serta rasa saling memiliki antara TNI,  unsur pemerintah dan rakyat,” kata Eka pada acara pembukaan TMMD ke 100 di Desa Sukarapih,  Kec.  Sukasari,  Rabu (27/9/2017).

Dikatakan, sikap tersebut menghantarkan pencapaian sasaran program TMMD. “Diharapkan, menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua pihak dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kemajuan,” ucapnya. 

Ia mengatakan, menghadapi dinamika global tentu saja menjadi tantangan bangsa dan negara. 

“Program TMMD bertujuan untuk meningkatkan stabilitas keamanan, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya. 

Dikatakan,  TMMD pun mengemban misi sosial dalam konteks pembangunan nasional yang orientasinya mengatasi kesulitan warga melalui optimalisasi pemberdayaan potensi masyarakat desa. 

“Semoga kegiatan ini memicu semua pihak agar lebih obyektif dan realistis yang dilandasi kenujuran, ketulusan hati yang akan menjembatani terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya. 

Pelaksanaan kegiatan,  kata dia,  sesuai dengan aapirasi dan kebutuhan masyarakat dan selalu mengembangkan kesamaan persepsi.Bahkan,  kata dia,  akan meningkatkan peran aktif dan kemandirian warga dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. 

“Diharapkan bisa meningkatkan kesadaran warga dalam berbangsa dan bernegara. Bahkan,  semoga masyarakat pun ikit serta sakam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya,” ucap Eka.  

Mudah-mudahan,  apa yang dibangun melalui TMMD bisa bermanfaat untuk nasyarakat. Di sana, kata dia, ada keterlibatan semua pihak dan tampaknya ada pelayanan satu atap termasuk pembuatan SIM oleh Polres Sumedang. 

Sementara,  Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos mengatakan,  sasaran pembangunan berupa fisik dan non fisik. 

“Kita membangun jembatan yang juga pengecoran jalan sepanjang 610 Meter serta melaksanakan perbaikan tumah tidak layak huni (Rutilahu),” kata Made. 

Jembatan yang dibangun,  kata dia,  menghubingkan empat desa diantaranya,  Sukarapih, Sukasari,  Mekarsari dan Margaluyu. 

Sementara itu, kata dia, sasaran non fisik berupa keterlibatan semua SKPD di Pemkab Sumedang termasuk Polres Sumedang. 

Didampingi Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, SIK, Made mengatakan, sasaran non fisik pun diantaranya dengan ikut memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. 

Tujuannya, kata dia, sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat dan menjaga keutuhan NKRI. (Azis Abdullah)***