Tolak Hak Angket untuk KPK, Acep Adang: “PKB Tak Ingin KPK Dilemahkan”

LINIMASA11 views


TAMANSARI, (KAPOL).- Usulan hak angket untuk KPK dari sejumlah Fraksi di DPR RI tengah menjadi sorotan hangat. Sejauh ini Fraksi PKB menjadi yang fraksi pertama yang dengan tegas menolak usulan hak angket tersebut. 

Seperti yang ramai diberitakan, pengajuan hak angket oleh DPR mencuat karena pernyataan KPK yang tetap menolak membuka rekaman BAP Miryam S Haryani, yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu oleh KPK.

Anggota Fraksi PKB, KH. Acep Adang Ruhiat mengatakan sikap tegas yang diambil oleh PKB dengan menolak usulan hak angket tesebut semata-mata untuk menjaga marwah KPK. 

“PKB tidak ingin KPK dilemahkan. Biarkan teman-teman kita di KPK menyelesaikan tugas yang memang sudah menjadi wewenangnya untuk diselesaikan dengan tuntas,” kata Acep Adang saat dengan pendapat di salah satu pondok pesantren di Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Sabtu (6/5/2017).

PKB sendiri, lanjutnya, tak ambil pusing jika kemudian banyak yang menganggap langkah yang diambil PKB menolak hak angket untuk KPK ini sebagai sebuah pencitraan. Pasalnya, kata Acep Adang, KPK merupakan lembaga yang konsisten dalam hal pemberntasan korupsi yang selama ini masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bangsa ini.

“Dan KPK tidak boleh dilemahkan dengan munculnya hak angket semacam itu,” kata Acep Adang.

Sejauh ini, kata Acep Adang, selain PKB sudah ada fraksi lain yang menyatakan sikapnya menolak hak angket DPR RI. Ada dari Fraksi Demokrat dan Gerindra yang sepemikiran dengan Fraksi PKB.

“Awalnya PKB sendirian. Dan alhamdulillaj sekarang fraksi yang menolak usulan hak angket ini bertambah. Ada dari Demokrat dan Gerindra,” ujarnya. (Imam Mudofar)