oleh

Warga Deudeul, Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

TARAJU (KAPOL).- Ratusan warga Deudeul, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya terlihat antusias mengikuti pengobatan gratis pada Sabtu (24/8/2019).

Kegiatan yang digelar di Kampung Ciwindu tersebut digelar oleh Homeopati Tasikmalaya bersama Komunitas Muda-Mudi Ciwindu (Komuci), dalam membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Koordinator Homeopati Tasikmalaya, Budi Badrussalam mengatakan pengobatan gratis dilakukan untuk membantu kebutuhan kesehatan masyarakat secara gratis.

“Tujuan utamanya yaitu hanya kemanusiaan, bahwa kita harus berguna untuk orang lain. Karena masyarakat membutuhkan pengobatan gratis dan kegiatan ini harus simultan karena permintaan sudah banyak”, kata Budi.

Budi menerangkan, homeopati merupakan pengobatan holistik yang menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan, hewan, dan mineral. Homeopati meyakini tubuh manusia memiliki sistem dan tenaga penyembuh alami untuk dirinya.

Namun sistem ini harus dalam keadaan seimbang. Obat homeopati bekerja menyeimbangkan sistem penyembuh alami sekaligus merangsang daya imun tubuh.

“Pengobatan ini sebetulnya sangat sesuai dengan masyarakat Indonesia yang kaya herbal dan mineral bermutu, dan juga tidak ada efek samping,” terangnya.

Pembina Komuci, Opan Sopyan Hambali menyebutkan antusiasme masyarakat untuk mengikuti pengobatan gratis cukup tinggi. Setidaknya ada 200 pasien yang terlayani dalam pengobatan gratis.

“Akses Puskesmas dan pustu yang kurang aktif dan biaya yang diperlukan sehingga banyak masyarakat yang memilih tidak berobat ketika mengalami sakit yang biasa. Sehingga kami berinisiatif mengadakan pengobatan gratis,” katanya.

Opan berharap, agar pemerintah bisa memberdayakan pustu semaksimal mungkin untuk membuat masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas.(Kapol/Rilis)***

BACA JUGA