​H-4, Jabar-Jateng Via Garut-Tasik-Ciamis-Banjar Ramai Lancar

LINIMASA25 views

H-4, Kepadatan kendaraan mulai terjadi di sekitat alun-alun Singaparna, Sabtu (2/7/2016) siang. Foto: Imam Mudofar/KAPOL

TASIK, (KAPOL).-

H-4 sebelum Lebaran, jalur selatan Jawa Barat terpantau masih lancar. Tidak terjadi kemacetan atau penumpukan volume kendaraan yang cukup berarti.

Pantauan Sabtu (2/7/2016) pagi sampai siang, jalur mudik selatan Jabar yang melintasi Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar ramai lancar. Nampak beberapa sepeda motor berplat B membawa barang bawaan melaju dari arah barat ke timur.

Sementara itu, kepadatan jumlah kendaraan terjadi di sekitar Alun-Alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Kondisi lalu lintas tampak mulai merangkak. Aktifitas pasar dan kesemerawutan parkir di sekitar lokasi diduga jadi penyebab kemacetan.
Kasi Jaringan Transportasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Ciamis, Yuyun Yuliawati mengatakan, total jumlah kendaran yang melintasi Kabupaten Ciamis dari arah barat ke timur mencapai 18.161 kendaraan. Jumlah tersebut terhitung sejak Sabtu (2/7/2016) pukul 00.00 WIB sampai 10.00 WIB.

“Sepeda motor yang mendominasi, jumlahnya mencapai 1.754 sepeda motor,” kata Yuyun.

Untuk jumlah mobil priadi yang melintasi Ciamis mancapai 676 kendaraan, bus besar 11 dan bus kecil 9. Sebaliknya, bus besar lebih banyak yang berangkat dari arah timur ke barat. Jumlahnya mencapai 31 bus ditambah 10 bus kecil.

“Kemungkinan mereka berangkat dari timur ke barat untuk menjemput para pemudik dari Bandung dan Jakarta,” kata Yuyun. (Imam Mudofar)