​Pengunjung Pamijahan Mulai Membludak

LINIMASA83 views

BANTARKALONG, (KAPOL).-
Memasuki hari ketiga bulan Syawal, makam Syekh H. Abdul Muhyi di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya mulai membludak. Setelah sebelumnya selama bulan Ramadan, Pamijahan sepi peziarah.

Rata-rata pengunjung datang dari daerah sekitar Tasik Selatan. Mereka yang tengah mudik ke kampung halamannya masing-masing lebih memilih untuk mengisi momen kebersamaan dengan keluarga untuk berkunjung ke Pamijahan.

“Awal-awal bulan Syawal semacam ini tamunya dari daerah dekat Pamijahan. Mereka datang dengan mobil pribadi dan ada juga yang menggunakan bak terbuka,” ujar Imat (38) salah seorang warga Pamijahan, Jum’at (8/7/2016) siang.

Karena masih suasana Idul Fitri, kata Imat, belum banyak kios milik masyarakat setempat yang buka. Kebanyakan dari warga masyarakat Pamijahan sendiri sedang merayakan Idul Fitri dengan kerabat mereka di luar Desa Pamijahan.

“Sebagian sudah mulai buka. Tapi belum semuanya. Masih banyak yang tutup,” kata Imat.

Selain berziarah ke makam Syekh H. Abdul Muhyi, lanjut Imat, kebanyakan pengunjung juga menyempatkan diri untuk menikmati panorama dan situs bersejarah Goa Safarwadi Pamijahan. Goa ini diyakini sebagai tempat patilasan Syekh H. Abdul Muhyi saat menyebarkan agama Islam di wilayah Priangan Timur. (Imam Mudofar)