​IKA PMII Ciamis 2000-2010 Dorong Pilkada Cerdas

POLITIKA14 views

CIAMIS, (KAPOL).- Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kabupaten Ciamis angkatan 2000-2010 mendorong Pilkada Cerdas di Ciamis yang pada 2018 sudah memilih Bupati dan Wakil Bupatinya. Pasalnya, mayoritas pemilih saat ini lebih pada mengedepankan hal pragmatisme dibanding idealisme.

“Maka untuk Pilkada Ciamis 2018 ini bagaimana IKA PMII angkatan 2000-2010 mampu mendorong dan menciptakan pemilih cerdas bukan emosional,” kata Koordinator IKA PMII Ciamis, Dandeu Rifai selepas Silaturahmi dengan Alumni PMII angkatan 2000-2010 di RM Simanalagi, Sabtu (17/6/2017).

Menurut Dandeu, pemilih cerdas adalah pemilih yang mengedepankan rasional dibanding emosional. Pemilih akan memilih pemimpinnya berdasarkan jejak rekam calon yang terutama bebas dari Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

“Soal pemimpin bersih KKN inilah yang mulai dilupakan masyarakat. Mayoritas memilih karena ada iming-iming, mendapat sesuatu atau karena ada kepentingan pribadi dan kelompoknya yang diakomodir jika calon tersbeut terpilih,” ujarnya.

Untuk itu, kata Dandeu, IKA PMII 2000-2010 akan terjun ke daerah-daerah mengkampanyekan pentingnya memilih Bupati dan Wakil Bupati Ciamis secara cerdas tadi.

“Caranya kita sampaikan, calon ini begini calon itu begitu dan sebagainya. Namun tentunya dalam koridor objektifitas dan segala informasi bisa dipertanggungjawabkan berdasarkan data dan fakta,” ucapnya.

Mantan Ketua PMII Ciamis tahun 2002-2003, Maulana Sidiq menegaskan secara organisasi bahwa IKA PMII netral. Meski banyak alumni tersebar diberbagai partai politik, namun untuk soal mendorong Pemilih Cerdas satu suara.

Maka dari itu, tuturnya, kenapa berkumpul juga bagaimana potensi para alumni PMII Ciamis tidak berserakan begitu saja tetapi menjadi suatu kekuatan demi Ciamis lebih baik.

“Kalau soal dukungan silakan karena tentunya harus fatsun terhadap parpol masing-masing. Tapi tanggung jawab intelektual mendorong pemilih cerdas tetap kami dengungkan,” ujarnya.

Hadir saat silaturahmi, selain Mantan Ketua PMII Ciamis tahun 2005-2006, Cecep, Mantan Ketua PMII Ciamis 2006-2007, Marsel dan 2008-2009, Untung Bahtiar Setiawan, Mantan Sekretaris Umum Korcab PMII Jabar, Dandeu Rifai juga sejumlah alumni Korps PMII Putri (KOPRI) setiap angkatan. (Jani Noor)