Kepsek dan Guru Berprestasi akan Diseleksi

EDUKASI5 views

image
Unep

SUMEDANG, (KAPOL).-
Sekitar 85 Kepala Sekolah dan Guru, baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA akan berlomba menjadi Kepsek, Guru terbaik dan berprestasi di Kabupaten Sumedang.

Para Kepsek dan guru itu akan diseleksi oleh tim khusus untuk mewakili satu tiket lomba serupa di tingkat Jabar.
Ketua Panitia yang juga Kabid Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Unep, Hidayat menyebutkan, selama satu bulan kebelakang telah dilakukan seleksi di seluruh sekolah di Kabupaten Sumedang.

Para Kepsek dan Guru tersebut, dipilih melalui seleksi yang ketat dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria diantaranya, kecakapan, integritas, manajerial, kepribadian, ketauladanan dan lain-lain.

“Nanti 31 Maret akan diketahui siapa saja yang terbaik di antara mereka (Kepsek dan Guru Terbaik),” kata Unep, pada acara pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Alun-alun Sumedang, Senin (28/3).

Dia mengatakan, dari 85 orang yang sudah masuk kategori akan diseleksi kembali selama 3 hari kedepan. Sehingga terpilih masing-masing satu orang terbaik dari TK, SD, SMP dan SMA.

“Di tingkat Kabupaten Sumedang akan diberikan tropi penghargaan,” ucapnya.
Upaya itu, kata dia, tak lain untuk memotivasi pelaku pendidikan dalam meningkatkan kinerja dan kapabilitas.
Selain itu mengevaluasi kegiatan kependidikan di Sumedang secara keseluruhan.

“Pencarian figur Kepsek dan Guru berprestasi itu akan terus kontinyu. Dan figur-figur itulah akan menjadi panutan,” katanya.

Di Sumedang, katanya, banyak figur Kepsek dan Guru berprestasi, terbukti pada penyelenggaraan pemilihan Kepsek dan Guru di tingkat Jabar Tahun 2015, Sumedang ada di tiga besar. (Nanang Sutisna)***